Imunisasi adalah upaya memberi kekebalan kepada seseorang. Sedangkan vaksinisasi adalah cara untuk mendapatkan kekebalan dengan memberikan bibit penyakit yang telah dilemahkan sehingga tubuh membentuk kekebalan sendiri. Imunisasi itu keadaan setelah divaksin.
Imunisasi merupakan suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu antigen, sehingga bila kelak ia terpajan pada antigen yang serupa tidak terjadi penyakit. Dilihat dari cara timbulnya terdapat dua jenis kekebalan yaitu kekebalan pasif dan kekebalan aktif.
Imunisasi terbagi atas dua tipe, yaitu aktif dan pasif. Aktif artinya tubuh membuat antibodi sendiri karena dirangsang oleh bibit penyakit dari luar. Sedangkan pasif artinya tubuh tidak berbuat apa-apa, melainkan hanya menerima kekebalan yang berasal dari luar tubuh. Artinya, antibodi diperoleh dari luar, sedangkan tubuh tidak membentuk antibodi.
Imunisasi pada dasarnya adalah merangsang badan membentuk kekebalan. Unsur yang dilemahkan adalah racun. Vaksin yang dimasukkan akan membentuk zat anti sehingga ketika ada kuman masuk ke tubuh anak, anak bisa tidak sakit karena sudah kebal, atau kalaupun sakit relatif ringan dan tidak menimbulkan komplikasi.

1 komentar

  1. Anonim // 31 Oktober 2008 pukul 07.51  

    kapan sebaiknya imunisasi diberikan